Oleh: Bambang Fathur
Assalamu’alaikum wr wb. Akhirnya saya dapat di beri kesempatan lagi untuk berbagai sedikit ilmu dengan kalian semua, setelah beberapa minggu yang lalu saya menjelaskan bagaimana proses pembuatan teks dalam microsoft word. Kali ini, saya masih membahas mengenai bagian dari software microsoft office yaitu Microsoft PowerPoint.
Ms PowerPoint berfungsi sebagai alat untuk mempresentasikan, berbagai hal mengenai inti pokok dari pembahasan yang akan disampaikan.
Langkah awal yang harus dilakukan tentu saja sebagai berikut:
1. Mempunyai sebuah komputer/laptop yang dapat dioperasikan, dan terdapat sofware Microsoft office. Bagi yang tidak memiliki komputer/laptop bisa pinjam punya teman, rental komputer/warnet, asalakan jangan mencuri ya.
2. Menyalakan komputer/laptop, bagi yang menggunakan laptop tombol power terdapat disebalah kiri/kanan atas keyboard, sedangkan bagi pengguna komputer wajib menyalakan CPU dan tombol power terdapat di dekat layar depan/belakang.
3. Setelah laptop menyala, kemudia akan muncul tampilan desktop seperti di bawah ini.
4. Arahkan kursor atau mouse ke bagian “Star” bagi pengguna windows 7, apabila menggunakan windows 8 maka arakkan kursor dan klik gambar seperti di bawah karena kali ini saya menggunakan windows 8 sebagai perangkatnya.
5. Maka akan muncul tampilan seperti ini.
6. Arahkan kursor kalian kegambar panah yang mengarah kebawah kemudian klik.
7. Maka akan menghantarkan kalian menuju ke tampilan menu di bawah ini.
8. Selanjutnya ketik dalam pencarian/search “powerpoint” maka akan muncul secara otomatis. Lalu klik oleh kalian.
9. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.
10. Bagian yang ditandai oleh saya itu merupakan tampilan, template, theme/tema, background menu yang terdapat dalam MS PowerPoint.
11. Kali ini saya menggunakan Blank persentation. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.
12. Sebelum saya menjelaskan bagian-bagian yang terdapat dalam MS PowerPoint, terlebih dulu saya akan memberi contoh tentang tulisan saya yang terdapat dalam powepoint.
13. Pasti menurut kalian tampilan seperti itu terlihat membosankan atau tidak menarik, berikut ini adalah proses untuk mengganti background belakang agar terlihat menarik.
14. Klik kanan pada bagian slide, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut, kemudian klik format background.
15. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.
16. Berikut ini bagian-bagian dari format background.
17. Saya akan mencontohkan untuk mengambil background gambar dari file, atau picture yang saya miliki. Klik “picture or texture fill” maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
18. Kemudian, klik “FILE” maka akan muncul tampilan seperti berikut, lalu oleh kalian pilih atau cari terlebih dahulu gambar yang akan digunakan sebagai background.
19. Sehingga format background pun berubah secara otomatis.
20. Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana mengubah tulisan agar menjadi lebih berwarna.
Pertama kalian harus mengklik dan menandai tulisan.
Kemudian akan muncul menu bar “drawing tools” seperti yang sudah saya beri tanda.
Drawing tools banyak kegunaanya untuk mengubah dan menabahkan warna pada text seperti, shadow, reflection, glow, 3D dsb.
21. Berikutnya saya akan menjelskan agar si kalimat dapat bergerak. Klik “animations” kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.
Lalu oleh kalian tinggal pilih sesuai keinginan hati gerak mana yang cocok dengan kalian. Kalau saya menggunakan swivel hehe.
22. Selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara menambahkan slide pada Powerpoint.
Klik kanan pada slide, kemudian akan muncul menu seperti dibawah kemudian oleh kalian klik “New Slide”
Secara otomatis akan muncul tampilan slide baru.
23. Langkah selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana proses memasukan video kedalam power point.
Kemudian klik untuk memasukan video, maka akan muncul tampilan seperti berikut. Klik work offline.
Pilih video yang akan kalian gunakan untuk persentasi kemudian klik insert
Kemudian video pun muncul.
24. Berikutnya saya akan menjelaskan bagaimana proses agar slide dalam powerpoint dapat dapat bergerak.
Klik slide yang akan di beri efek gerak, kemudian arahkan kursor ke muna bar Transition
Berikutnya pilih oleh kalian efek mana yanga akan digunakan sesuai dengan keinginan kalian. Kali ini saya akan mencoba menggunakan origami.
Sehingga perpindahan slide ke slide yang lain akan membentuk efek yang berbeda.
25. Untuk selanjutya saya akan menjelaskan menu-menu apa saja yang terdapat dalam power point ini,
26. Insert: fungsinya hampir sama seperti yang dimiliki exel & Word, yaitu berguna untuk memasukkan gambar, video, screenshot, menambhakan pola-pola, dan mengubah bentuk-bentuk huruf, memasukan simbol.
27. Design : berfungsi untuk mengubah dan mengatur background atau tema untuk powerpoint.
Macam-macam tema
Untuk mengubah gaya huruf, warna huruf, dan efek pada huruf.
28. Transitions : berfungsi untuk mengatur efek yang terdapat pada slide.
Timing : berfungsi untuk mengatur waktu berapa lama slide akan bergerak.
29. Animation : berfungsi untuk memberikan efek gerkan kepada kaliamat atau slide video yang ada.
30. Selanjutnya untuk proses penyimpanan cara nya hampir sama seperti microsoft excel dan word.
Klik FILE. Kemudian akan muncul tampilan berikut.
Klik Save As.
Pilih browse untuk tempat penyimpanan data tersebut.
Cara cepatnya nya adalah CTRL+S maka secara oto,atis akan menyimpan file tersebut.
Catatan : “untuk kalian berhubung ini merupakan MS power point jadi kalian harus, memasukan materi pokoknya saja, jangan semua materi dimasukan kedalam slide, hati-hati dalam penulisan huruf, dan jangan lupa untuk tetap semangat ya. Terimakasih.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar